Ramai Karnaval, Penjualan Air Mineral Melonjak di Malang

Air minum dalam kemasan di lapak milik pedagang di Pasar Bunulrejo, Kota Malang. Foto: Tugusatu.id/Bagus Suryo

Tugusatu.id-
Pedagang menyatakan harga air minum dalam kemasan di Kota Malang, Jawa Timur, mengalami kenaikan dengan tren penjualan meningkat.


"Harga air mineral Cleo botol kecil naik semula Rp16.500 menjadi Rp17.500 per pak isi 24 botol," tegas pedagang di Pasar Bunulrejo, Kota Malang, Supriyono.

Ia menjelaskan kenaikan harga sejak sepekan terakhir. Kendati harganya naik, tapi animo pembelian meningkat.

"Konsumsi air meningkat karena musim panas juga banyak karnaval," katanya.

Di tempat terpisah, pekerja kedai makanan, Irul, mengatakan tren konsumsi air mineral sedang meningkat.

Ia mengaku kulakan air mineral Cleo botol mini di agen Rp18.000 isi 24 botol, adapun harga di pedagang ritel Rp20.000. Sebotol air mineral itu dijual lagi eceran Rp2.000. Ia melayani konsumen pegawai negeri di lingkungan Pemkot Malang.

Sedangkan harga kulakan Aqua botol sedang di agen Rp49.000 isi 24 botol. Bila membeli di ritel Rp53.000. Air mineral itu yang botol besar Rp50.500 isi 15 botol, sedangkan di ritel Rp54.000. Lalu, ia menjual lagi secara eceran Rp6.500 per botol.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Malang Umar Sjaifudin mengatakan memantau harga air mineral dalam kemasan, akan tetapi besarnya kenaikan harga itu belum berpengaruh pada inflasi.

"Harga air mineral memantau tapi bobotnya tidak besar, jadi tidak kelihatan. Ada survei biaya hidup, 500 komoditas kita pantau. Bila bobotnya besar, maka penyumbang inflasi seperti beras," tuturnya.

Reporter/Editor: Bagus Suryo

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama